Select Menu

Slider

MUSIK

EVENT

ZINE

My Place

BACA BACA

MP3

Videos

» » INTERVIEW WITH THE FOURTY'S ACCIDENT
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

BERIKUT INTERVIEW DENGAN BAND HARDCORE PUNK ASAL SURABAYA " THE FOURTY'S ACCIDENT DENGAN EDITOR DARI  UNFOLD ZINE # 8.
YANG DI JAWAB OLE MAS AIK SANG VOKALIS.

1.UZ : Assalamualaikum wr. Wb.

Aik: Alaikumussalam wrwb

2.UZ  :  Apa kabar nich  40’s accident yang sudah lama jarang terdengar? Sibuk ngapain?

Selama ini TFA memang tidak eksis. Sejak tahun 2001 TFA bubar. Kali ini nongol lagi dengan personel2 baru dan konsep baru. Personel yang dulu setahu saya masih ada yang aktif bermusik, seperti mas Abas (drum) dan mas Tono (gitar) yang kini populer dengan band komedinya KKHH. Savic (bass) entah kemana sekarang. Ukis (bass) saat ini sibuk didunia per-kereta-apian. Sedangkan kakak saya Jack, frontman sekaligus pendiri TFA, sudah meninggal sejak tahun 2007 lalu saat tidur malam.

3.UZ :  Sekarang ini saya melihat lagu-lagu 40’s accident , terutama yang di album “against the stream” membawakan isu-isu  islami, apa yang mendorong kalian untuk menulis lirik bertemakan islami?

Aik: Saya pikir semua orang akan selalu berusaha menularkan pemikiran yang dianut dan diyakininya kepada siapapun disekitarnya. TFA yang baru membawa pesan-pesan Islam karena itu keyakinan yang sedang kami jalani dan banggakan saat ini. InshaAllah
sampai mati. Selain itu, kami ingin keluar dari stereotype lirik-lirik band hardcore dan punk yang membosankan. Dari sejak tahun 1980-
an hingga saat ini saya sulit menemukan hal-hal baru dalam scene ini. Semuanya pengulangan-pengulangan saja dari apa
yang pernah dilakukan dahulu.

4.UZ : Bagaimana respon dari komunitas HC/PUNK mengenai predikat muslim hardcore yang kalian usung? Apakah ada pro kontra ?

Aik: Responnya bermacam-macam. Ada yang pro ada pula yang kontra. Itu biasa. Di scene punk dunia, orang sekelas Johnny Rotten, Jello Biafra, atau Wattie aja banyak yang nggak suka, jadi kalo saat ini ke TFA ada yang kontra ya wajar namanya.

5.UZ : Untuk line up, apakah ada pergantian personil selama ini?

Aik: Iya, personel sekarang ada Donni dan Yudha, dulu pentolan band oi! The Silenced mengisi posisi bass dan gitar, sedangkan Endi tugasnya gebukin drum. Dia mantan drumer band hardcore Hexavalent. Sebelumnya sempat ada Bahtiar, Singgih (ex-The Last Samurai Syuhada) dan Galih (ex-Sayur Mayur) yang ikut menggarap album “against the stream”.

6.UZ : Apakah pergantian formasi berimbas pada perubahan musik kalian sendiri?

Aik: Musik memang berubah. Tapi bukan perubahan personel yang jadi sebabnya. Pada dasarnya kami nggak terlalu pusing soal jenis musik. Karena buat kami itu cuma medium saja untuk menyampaikan pesan. Nggak lebih dari itu.

7. UZ: Sudah berapa album yang kalian rilis?

Kalo sejak pertama TFA lahir ya ada 5 album. 3 album diantaranya sudah dirilis sebelum tahun 2001, dan 2 lainnya digarap setelah ada formasi baru ini.

8.UZ :Gimana Perkembangan komunitas HC/PUNK surabaya saat ini ? perbedaan dengan era 90 an? Apakah ada kemajuan mengenai kualitas, kuantitas dan kreatifitas?

Di Surabaya komunitas HC/Punk masih ada. Tapi mayoritas didominasi oleh anak-anak baru yang mungkin baru mengenal HC/Punk setelah saya memutuskan meninggalkan scene ini pada tahun 2005-an. Band-band mereka yang baru itu secara kualitas teknikal lebih bagus dibandingkan jaman kami dulu. Mereka rata-rata seperti lulusan sekolah musik dan hidup dalam kondisi kecukupan setiap harinya. Musik HC yang laku di Surabaya era sekarang cuma Beatdown ala Madball. Oldschool atau youthcrew style nggak dianggap keren disini. Hahaha.

9.UZ :Apa yang membuat kalian masih tetap exist di dunia HC/PUNK sampai saat ini? Ada resep khusus?

Aik: Nggak, saya nggak eksis-eksis amat. Saya masih suka sibuk dengan aktivitas saya didepan laptop atau main bareng anak-anak saya.

10.UZ : Jika ada kesempatan manggung bareng band HC/PUNK international, kira2 band apa yang kalian inginkan?

Aik: Saya ingin manggung bareng Fugazi atau The Even, lalu mereka saya ajak masuk Islam dan mendakwahkan Islam di scene. Eh, maaf mereka bukan HC ya? hahaha

11.UZ : Boleh di ceritakan mengenai aktifitas masing2 personil selain nge band?

Aik: Donni kerja kantoran dan ngurusi bisnis jahit kaos oblong. Sepertinya usahanya sedang maju. Kalau Yudha murni kerja kantoran. Endi pun demikian. Kalau saya ngurusi website, nulis, dan mengajar di salah satu perguruan tinggi di Surabaya.

12. UZ : Pendapat kalian tentang ISIS yang beritanya baru2 ini lagi hangat di bicarakan.?

Aik: Pertanyaan semacam ini yang sebenarnya selalu saya hindari. Karena jawabannya pasti panjang. Meski itu pun kadang tidak cukup bisa menjelaskan semuanya. Tapi intinya jangan terburu2 reaktif dengan isu ISIS. Sebaiknya kita lebih cerdas mengenali situasi. Karena di Indonesia, isu ini justru dipakai untuk alat oleh musuh-musuh Islam untuk menghabisi ajaran Islam yang murni berpegang pada Al-Quran dan As-Sunnah. Yang diangkat ISIS tapi yang dicitrakan buruk justru Islam secara keseluruhan. Nah ini berbahaya. Jangan terkecoh media.

13.UZ : Jika di lihat secara detail mengenai pergerakan HC/PUNK dan ajaran islam,  menurut kalian apakah ada kesamaan atau berlawanan ?

Aik: Jika dimanapun kita menemukan kebaikan, maka itulah yang diajarkan Allah dalam fitrah manusia. Sedangkan fitrah manusia itu adalah agama Islam. Maka seluruh kebaikan itu sebenernya bersumber dari Allah melalui ajarannya. Maka jangan keliru mengartikan kalau Islam punya kesamaan dengan ideologi punk atau HC. Karena kebaikan itu asalnya dari Allah.

14.  UZ : Tolong sebutin Band atau tokoh yang mengispirasi kalian dalam berkarya di 40’s accident sendiri maupun di komunitas.!

Aik: Band? Kayaknya ini masalah style lagu. Yah mungkin agak terpengaruh band-band NYHC. Cuman sebatas gara-gara kami dulu suka mereka akhirnya jadi terpengaruh. Kalau tokoh, saya kurang tahu kalau temen2 lainnya, tapi saya pribadi terinspirasi oleh Hasan Al-Banna.

15.UZ :  Pesan dan motivasi kalian  untuk para pembaca UNFOLD ZINE yang ada di jagat raya ini?

Aik: Kalau kamu muslim, pernahkah kamu merasa bangga dengan agamamu hingga melebihi rasa banggamu dengan ideologi-ideologi diluar Islam? Jika iya, maka pertahankan. Jika tidak, maka ada yang salah dengan dirimu. Wassalam



dan untuk unfold zine # 8 bisa di download di sini

About Unknown

Komunitas minoritas yang mencoba bergerak di dunia maya guna menunjang komunikasi dan informasi.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply